Allah Tujuan Hidup Qita

Allah Tujuan Hidup Qita
Belajar dan Tawakal

Selasa, 28 Oktober 2014

Game Adu Cepat Tepat untuk Apersepsi dan Motivasi Materi ''MEKANIKA QUANTUM"

Aturan Main Game Cepat Tepat

Mendapatkan skor 100 jika menjawab dengan benar dan bisa dijawab oleh siapa pun. Jika salah, dikurangi 20 dan diberikan kesempatan kepada salah satu kelompok lain. Jawaban pertama yang diambil.

Pertanyaan Game adu cepat tepat
1.    Berapakah jumlah elektron maksimum kulit ke-1? Jawab: 2
2.    Bagaimanakah konfigurasi unsur bernomor atom 1 dan berapakah elektron valensinya? Jawab:1 dan 1
3.    Oksigen adalah salah satu unsur pembentuk molekul air. Nomor atom oksigen 8. Bagaimanakah konfigurasi elektron dari atom oksigen dan berapakah elektron valensinya? Jawab: Konfigurasi atom O: 2 6, elektron valensi atom O: 6
4.    Berapakah jumlah maksimum kulit ke-3? Jawab: 18
5.    Siapakah aku? Aku adalah salah satu unsur pembentuk senyawa garam dapur. Aku reaktif terhadap air dan biasa disimpan dalam minyak tanah. Jawab: Natrium (Na)
6.    Natrium memiliki nomor atom 11. Bagaimanakah konfigurasi elektron dari atom natrium dan berapakah elektron valensinya? Jawab: Konfigurasi atom O: 2 6, elektron valensi atom O: 6
7.    Tuliskan konfigurasi elektron dari karbon (C) dengan nomor atom 6. Jawab: 2 4
8.    Berapakah jumlah maksimum elektron kulit ke-4? Jawab:32
9.    Siapakah aku? Aku dapat bersenyawa dengan hidrogen yang membentuk senyawa yang berbau dalam bentuk gas seperti kentut. Aku termasuk golongan VI A dan ? Jawab: Belerang (S)
10.              Berapakah jumlah elektron maksimum kulit ke-n? Jawab:2 n2
11.              Tuliskan konfigurasi elektron dari belerang (S) dengan nomor atom 16. Jawab: 2 8 6
12.              Siapakah aku? Aku adalah seorang ahli spektroskopi. Aku yang melatarbelakangi penamaan kulit atom K, L, M, N.... jawab: Charles G. Barkla.
13.              Tuliskan konfigurasi elektron dari argon (Ar) dengan nomor atom 18. Jawab: 2 8 8
14.              Menurut Bohr, disebut apakah lintasan stasioner di mana elektron mengelilingi inti atom? Jawab: Orbit atau kulit atom.
15.  Sebutkan 3 ilmuwan yang berkontribusi lahirnya teori mekanika kuantum? Jawab:
(a) de Broglie : “Selain bersifat partikel, elektron dapat bersifat sebagai gelombang”.
(b) Schrödinger : ”Elektron sulit ditentukan secara pasti, yang dapat ditentukan hanyalah kebolehjadian ditemukannya elektron pada jarak tertentu dari inti”.
(c) Heisenberg : “menemukan fungsi gelombang yang melahirkan bilangan kuantum untuk menggambarkan pergerakan elektron dalam atom”.

oleh: Suharyadi, S.Pd., Gr


Tidak ada komentar: