Allah Tujuan Hidup Qita

Allah Tujuan Hidup Qita
Belajar dan Tawakal

Sabtu, 19 September 2015

CABANG-CABANG ILMU KIMIA


Ayo kita perhatikan gambar di atas. Obat-obatan (baik yang alami atau pun yang sintesis), berbagai macam jenis produk kecantikan, makanan dan buah-buahan yang dapat digunakan oleh manusia dan dikembangkan dan dikaji dengan memanfaatkan ilmu kimia. Ilmu kimia hampir dimanfaatkan diberbagai bidang seperti bidang pangan, kosmetik dan kesehatan, lingkugan, pertanian, energi bahkan bidang militer.

Agar lebih jelas, ayo kita pelari cabang-cabang ilmu kimia di bawah ini. ^_^

  1. Radiokimia: cabang ilmu kimia yang mempelajari tentang zat-zat radioaktif.
  2. Kimia Fisika: cabang ilmu kimia yang mempelajari struktur, sifat dan perubahan kimia suatu zat serta perubahan energi yang menyertai perubahan kimia tersebut.
  3. Kimia Anorganik: cabang ilmu kimia yang mempelajari unsur-unsur pembentuk senyawa, sifat unsur, dan senyawanya, penggunaan dan pembuatannya.
  4. Kimia Organik: cabang ilmu kimia yang mempelajari struktur pembentukan senyawa karbon, termasuk reaksi-reaksi yang terlibat, mekanisme reaksi, dan ikatan serta kekuatan ikatan antar atom dalam senyawa karbon tersebut.
  5. Kimia Lingkungan: cabang ilmu kimia yang menjelaskan tentang interaksi yang melibatkan zat dan reaksi kimia di alam, serta polusi di alam.
  6. Kimia Analitik: cabang ilmu kimia yang mempelajari cara menganalisis zat atau senyawa, baik secara kualitatif maupun kuantitatif, meliputi sampling, penyiapan sampel siap ukur, pengukuran, pemisahan, peralatan untuk keperluan pengukuran dan sebagainya.
  7. Biokimia: cabang ilmu kimia yang mempelajari zat kimia serta reaksi kimia yang menyertai proses-proses biologi seperti proses metabolisme dalam tubuh, (reaksi enzimatik, penguraian atau hidrolisis protein, karbohidrat dan lemak).
  8. Kimia Makanan: cabang ilmu kimia yang mempelajari komposisi kimia, reaksi kimia, dan proses dalam makanan yang meliputi makro nutrisi, mikro nutrisi, dan zat aditif dalam makanan.
  9. Kimia Farmasi: cabang ilmu kimia yang mempelajari obat-obatan dan zat yang dapat dijadikan obat.
  10. Kimia Material: menyangkut bagaimana menyiapkan, mengkarakterisasi, dan memahami cara kerja suatu bahan dengan kegunaan praktis.

NB: Gambar sumbernya dari google.com


Tidak ada komentar: