Allah Tujuan Hidup Qita

Allah Tujuan Hidup Qita
Belajar dan Tawakal

Rabu, 21 Juni 2023

Langkah-langkah Menjadi Penulis Hebat

        

Resume kedua yang ditulis Suharyadi (Peserta KBMN 29)
Narasumber: Sri Sugiastuti., M.Pd. 
Moderator: Sigid PN, S.H.

        Di sela kesibukan mengikuti pendidikan guru penggerak angkatan 8 (PGP A.8) dan rapat kerja persiapan tahun ajaran 2023/2024, Saya berusaha menyelesaikan juga tugas resume dari diklat Kelas Belajar Menulis Nusantara (KBMN) PGRI. Kali ini dalam KBMN memasuki pertemuan kedua. Narasumber kali ini masya Allah, memiliki ratusan karya di bidang literasi baik karya solo maupun karya berupa antologi. Beliau adalah Drs. Sri Sugiastuti, M.Pd atau yang biasa dikenal dengan sebutan Bunda Kanjeng. Beliau menyampaikan tema Writing is My Passion.

         Literasi saat ini menjadi istilah yang sering menjadi perbincangan. Literasi menurut KBBI V (online) memiliki makna kemampuan menulis dan membaca; pengetahuan atau keterampilan dalam bidang atau aktivitas tertentu; dan kemampuan individu dalam mengolah informasi dan pengetahuan untuk kecakapan hidup. Dengan makna tersebut, dapat dikatakan bahwa literasi dapat membantu seseorang memahami informasi yang kompleks sehingga dapat membedakan antara fakta dan opini. Dengan kemampuan literasi yang baik dapat menghindari dan mencegah penyebaran berita palsu atau hoax yang diterima dari berbagai sumber baik media sosial, berita cetak/ online maupun buku.

        Manfaat memiliki kemampuan literasi lainnya adalah meningkatkan imajinasi, kreativitas dan daya fikir analitis. Lierasi yang baik merupakan aset berharga di pasar kerja. Literasi yang baik membantu dalam komunikasi yang efektif, pengembangan profesional, dan akses ke peluang karir yang lebih baik. Kemampuan literasi dapat dilakukan dengan memperbanyak membaca buku, artikel dan sumber bacaan lainnya baik cetak maupun online.

            Writing is My Passion. Ya, mengapa Saya pun memiliki passion dalam menulis? Karena dengan menulis maka Saya pun berusaha memberikan kontribusi dalam meningkatkan literasi baik untuk diri pribadi maupun untuk semua yang membaca tulisan kita. Tulisan kita semoga menjadi salah satu yang dapat memberikan berbagai manfaat seperti yang telah disebutkan. Menulis juga berhubungan dengan nilai dan visi misi hidup kita yaitu menjadi lahan amal baik dan menebarkan manfaat untuk orang lain. Hal tersebut sesuai dengan Hadits Nabi yang mengatakan ''Khoirunnas anfa'uhum linnas" (sebaik-baik manusia adalah mereka yang paling bermanfaat untuk manusia lain). Dengan menulis, kita dapat mengungkapkan pikiran, perasaan dan ide-ide. Semakin banyak kita menulis, maka kita pun belajar dalam merangkai kata-kata dengan tepat, jelas dan efektif. Dengan menulis pun kita dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis dalam menyampaikan ide, gasasan atau pun program dalam menyelesaikan masalah. 

        Langkah-langkah menjadi penulis hebat

  1. Read: untuk menjadi penulis hebat, kita perlu membaca berbagai buku/ sumber referensi baik cetak maupun online.
  2. Discuss: berdiskusi penting karena sering kali gagasan itu muncul saat mendialektikan bahan bacaan orang lain maupun diri sendiri. Ada baiknya jika kita memiliki mentor yang produktif dalam hal menulis.
  3. Look & feel: Lihat dan rasakan apa yang kita baca dan kita tulis.
  4. Socialize: Kita serap pengetahuan dan pengalaman kisah orang lain.
  5. Write: Kita menulis secara rutin walaupun hanya tiga alinea.
  6. Editing: Periksa tata bahasa, ejaan, dan struktur kalimat dan perbaiki.

Tidak ada komentar: