Allah Tujuan Hidup Qita

Allah Tujuan Hidup Qita
Belajar dan Tawakal

Senin, 19 Juni 2023

Tips Menjadi Penulis Produktif Menurut Om Jay

Resume pertama yang ditulis Suharyadi (Peserta KBMN 29)
Narasumber: Dr. Wijaya Kusumah, M.Pd. 
Moderator: Raliyanti, S.Sos., S.Kom., M.Pd. 

        

        Apa hobbymu? Kalimat yang sering ditanyakan sejak kita sekolah dasar (SD). Pada waktu itu, jawaban Saya adalah membaca dan menulis. Memang benar, hobby Saya adalah membaca dan menulis. Waktu SD, letak perpustakaan adalah di dalam ruangan yang harus melewati ruang guru. Akhirnya buku-buku yang ada di perpustakaan jarang sekali dibaca karena sangat jarang siswa atau teman-teman yang berkunjung ke perpustakaan untuk meminjam atau membaca buku. Karena banyak buku-buku yang berpeluang rusak, waktu itu sebagian buku-buku diperbolehkan diambil jika mau. Alhamdulillah dapat buku-buku bacaan gratis.

        Memasuki jenjang SMP, SMA dan perguruan tinggi (PT) salah satu tempat yang sering dikunjungi adalah perpustakaan. Walaupun hobby membaca, belum satu pun buku yang berhasil ditulis. Dalam hal menulis, baru sebatas menuangkannya dalam sebuah blog " http://tresnamanfaat.blogspot.com " yang dibuat pada sekitar tahun 2011. 

           Saat ada informasi Kelas Belajar Menulis Nusantara (KBMN) PGRI 29, Saya coba ikut. Nah, di pertemuan pertama narasumbernya adalah Dr. Wijaya Kusumah, M.Pd yang dikenal dengan sebutan Om Jay. Tema yang Beliau sampaikan adalah Menulis setiap Hari.

            Menulis dan membaca menurut Om Jay adalah sebuah kebutuhan. Oleh karena itu kita perlu menulis setiap hari. Kadang ide membuat tulisan dapat muncul dari benda yang ada di depan mata atau sekitar kita. Kadang dalam menulis butuh keadaan sepi tetapi itu disesuaikan dengan kedaan kita masing-masing. Menjadi seorang penulis harus juga senang membaca. Menjadi penulis juga menjadi sarana meraih prestasi dan dapat menjadi lahan mendapatkan penghasilan. Menulis juga dapat menjadi sarana amal dan sedekah jika tulisan kita memiliki manfaat kebaikan bagi orang lain yang membacanya. Dari tulisan yang kita buat seseorang bisa mendapatkan informasi, motivasi, inspirasi, hiburan dan manfaat lainnya.

          Hasil tidaklah menghianati proses. Jika kita ingin menjadi penulis yang produktif dan berkualitas, beusahalah menulis setiap hari. Mulailah menulis dari tiga alenia saja, alenia pembukaan, isi dan penutup. Dari ketiga alenia tersebut kita dapat mengembangkannya menjadi beberapa alenia baru.

            Ayo mulai menulis, mulai dari hal yang sederhana di sekitar kita, mulai dari saat ini. Insya Allah akan ada hasil dan manfaat yang akan kita peroleh.

   

1 komentar:

Umi Logandu mengatakan...

Mari berteman pena dengan penulis