Allah Tujuan Hidup Qita

Allah Tujuan Hidup Qita
Belajar dan Tawakal

Rabu, 28 Juni 2023

Blog dan Manfaatnya sebagai Media Pembelajaran

 

Resume kelima yang ditulis Suharyadi (Peserta KBMN 29)
Narasumber: Dail Ma'ruf, M.Pd..
Moderator: Helwiyah, S.Pd., M.M.

        Alhamdulillah, puji syukur kepada Allah, Maha Pencipta. Malam ini adalah malam yang begitu ditunggu mayoritas umat Islam. Sahut meyahut alunan gema takbir terdengar di berbagai masjid atau mushola. Ya, malam ini adalah malam Idul Adha 1444 H. Sebagian masyarakat Indonesia dan dunia mungkin telah merayakannya. Sebagian lagi insya Allah besok pagi menunaikan sholat sunnah Idul Adha. Selamat Hari Raya Idul Adha 1444 H. Semoga Ibadah puasa sunah 8-9 Dzulhijjah (Tarwiyah-Arafah), sholat sunah Idul Adha, ibadah Qurban, dan ibadah lainnya diterima Allah SWT dan dapat meningkatkan ketaqwaan kita pada Allah.
        Blog, dalam KBBI V (online) bermakna catatan harian atau jurnal pribadi di internet yang dapat diakses oleh siapa saja. Melalui blog, kita juga dapat menulis resume dari pelatihan, buku atau jurnal yang kita baca, kisah yang kita atau orang lain alami, bahkan blog pun dapat digunakan sebagai media pembelajaran.
        Saat ini kita memasuki era digital 5.0. Pada era ini, para pendidik, baik guru atau pun dosen turut beradaptasi menggunakan media digital. Salah satu hikmah dan kekuasaan Allah, adanya pandemi Covid-19 memaksa para pendidik untuk mencari cara efektif dalam pembelajaran agar transfer ilmu dan akhlak tetap dapat dilakukukan. Guru, dosen dan pendidik lainnya akhirnya mengenal dan belajar media daring seperti zoom meet, google meet dan sejenis lainnya. Blog pun menjadi bagian dari upaya mengoptimalkan proses pembelajaran agar kualitas pendidikan dapat terjaga dengan kelebihannya masing-masing.
        Blog, berasal dari kata weblog yang dikenalkan oleh Jhon Barger pada tahun 1998. Barger memberi nama weblog untuk istilah website yang bersifat pribadi atau personal, dan diperbaharu dari waktu ke waktu. Awalnya blog dimanfaatkan sebatas sebagai buku harian, kemudian berkembang bahkan terdapat 12 jenis blog yang saat ini dikenal yaitu:
  1. blog pendidikan
  2. blog sastra
  3. blog pribadi
  4. blog bertopik
  5. blog kesehatab
  6. blog politik
  7. blog perjalanan
  8. blog riset
  9. blog hukum
  10. blog media
  11. blog agama
  12. blog bisnis
        Blog memiliki banyak manfaat dalam dunia pendidikan di antaranya adalah
  1. sebagai rumah belajar bagi guru
  2. dapat meringankan tugas dan beban guru dalam mengajar
  3. dapat meningkatkan minat belajar para murid
  4. dapat diakses siapa pun di belahan dunia mana pun
  5. dapat menjadi media silaturahim
        Blog dapat digunakan dalam media pembelajaran. Sebagai guru kita dapat menyisipkan video pembelajaran (youtube) terkait materi yang sedang kita ajarkan. Dari video tersebut, kita dapat meminta murid untuk memberikan tanggapan atas materi yang sedang diajarkan. Kita pun dapat melakukan tanya jawab dengan murid terkait materi atau video pembelajarannya. Dapat juga digunakan ulangan harian yang ditulis dalam blog dan jawabannya bis alangsung di kolom tanggapan/ komentar atau melalui media lain seperti whatsapp. 


2 komentar:

Dail Ma'ruf Serang mengatakan...

blog yang kren dan resume good, mantap. sehat dan sukses slalu. Resume yang mencerahkan dan enak dibaca.

wing mengatakan...

Apakah sudah pernah membuat blog sebagai media pembelajaran?