Allah Tujuan Hidup Qita

Allah Tujuan Hidup Qita
Belajar dan Tawakal

Senin, 03 Juli 2023

Cara dan Teknik Menulis Situs Portal Berita Melintas.id

 

Resume keenam yang ditulis Suharyadi (Peserta KBMN 29)
Narasumber: Raimundus Brian Prasetyawan, S.Pd.
Moderator: Arofiah Afifi, S.Pd.

        Malam Sabtu, menginjak tanggal 12 Dzulhijjah 1444 H, masih dalam suasana Idul Adha dan Hari Tasyrik, kelas belajar menulis nusantara (KBMN) angkatan 29 telah sampai pada pertemuan keenam. Sejujurnya malam tersebut masih cukup sibuk melakukan aktifitas qurban, silaturahim keluarga dan aktifitas lainnya secara bersamaan sehingga materinya baru dibaca sebagian dan selintas. 
        Pada pertemuan keenam KBMN ini temanya adalah Teknik Menulis untuk Situs Portal Berita Melintas.id yang disampaikan oleh Bapak Raimundus Brian Prasetyawan, S.Pd. dengan moderator Ibu Arofiah Afifi, S.Pd.
        Salah satu cara agar tulisan kita memiliki makna dan terjaga eksistensinya adalah dengan menuliskannya pada portal berita Melintas.id. Tentunya ada rasa bangga ketika tulisan kita dimuat, secara tidak langsung tulisan kita memiliki kualitas yang baik. Sama halnya dengan kita menulis pada koran atau portal berita online lainnya, dalam menulis Melintas.id. ada aturan dan ketentuan bakunya. 
        Melintas merupakan kepanjangan dari media literasi nusantara semaja. Ide dalam membuat portal berita online ini berasal dari  pengalaman Pak Ahmad Fatchudin, peserta KBMN angkatan 27 saat menjadi penulis di salah satu media online yang memiliki sekitar 30-40 penulis dan dapat menghasilkan penghasilan tambahan bagi setiap penulis yang lumayan besar. Kemudian Omjay dan beberapa alumni KBMN yang juga anggota tim solid Omjay diajak untuk mendirikan portal berita online ini yang kemudian menjadi tim redaksi melintas.id yang terdiri dari 7 orang.
        Tujuan didirikannya Melintas.id adalah memberikan nilai tambah bagi anggota KBMN PGRI. Nilai tambah yang dimaksud bukan hanya dari segi penghasilan, tetapi lebih dari itu, yaitu memberi wadah pengembangan diri dalam hal menulis untuk peserta maupun alumni KBMN PGRI. Menulis di Melintas.id memberi pengalaman dan wawasan baru tentang menulis. Melintas.id merupakan situs portal berita sehingga memiliki ciri khas/gaya tulisan tersendiri yang berbeda dengan tulisan blog, buku, karya ilmiah, atau jenis tulisan lainnya.
        KBMN PGRI memiliki sumber daya manusia yang luar biasa. Setiap gelombang dibuka terdapat 500-1000 peserta. Jika setidaknya terdapat sekitar 10% peserta yang aktif konsisten dalam menulis maka menghasilkan 50-100 penulis. Dengan demikian melintas.id ini dapat menjadi media online yang aktif dan produktif menghasilkan konten-konten tulisan orisinil, bermutu, dan dicari banyak orang. Sebagian besar peserta KBMN PGRI adalah guru, kepala sekolah, pengawas, dan semua yang bekerja di bidang pendidikan. Hal tersebut menjadi potensi yang dapat dioptimalkan untuk bersama-sama mengembangkan melintas.id sehingga dapat menjadi portal berita online yang terdepan dan terpercaya dalam edukasi dan literasi.
        Selain itu, Media Online KBMN PGRI juga dapat menjadi sarana untuk memberikan informasi tentang kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh sekolah atau institusi pendidikan yang tergabung dalam KBMN PGRI. Melintas.id merupakan situs portal berita nasional yang pengelolaan IT-nya di bawah naungan promedia. Promedia sudah memegang hampir seribu situs portal berita di seluruh Indonesia termasuk media seperti Suara Merdeka dan Jawa Pos.
        Promedia sudah memiliki aturan dalam membuat tulisan sehingga ada konsekuensi yaitu ketentuan penulisannya bisa jadi berlawanan dengan norma-norma penulisan yang selama ini sudah kita pelajari. Misal yang paling ekstrem adalah tulisan karya sastra seperti puisi, cerpen, pentigraf, dll. Jika kita menulis di melintas.id, harus ada paragraf pembuka dengan isi kalimat berita sebelum tulisan puisi/cerpennya karena melintas.id adalah situs portal beritasehingga tulisan sastra pun dikemas seperti postingan berita.

Tidak ada komentar: