Allah Tujuan Hidup Qita

Allah Tujuan Hidup Qita
Belajar dan Tawakal

Rabu, 22 Mei 2013

Diskusi di Sela-sela Waktu Workshop PPG SM-3T


Hari ini, Kamis, 23 Mei 2013, di sela-sela workshop perkuliah PPG prodi Pendidikan Kimia UPI, dosen-dosen dan guru pamong mengadakan diskusi perihal kejujuran Ujian Nasional (UN) dan keberhasilan pembelajaran. Sambil mengerjakan tugas workshop saya turut mendengarkan diskusi mereka.
Dari percakapan diskusi tersebut, Mereka sebenarnya menyayangkan akan kualitas UN yang sebenarnya bukan menjadi rahasia umum lagi banyak ketidakjujuran di dalamnya, termasuk kota Bandung sendiri. Menurut Mereka hanya beberapa sekolah yang menerapkan kejujuran.
Solusi awal di salah satu sekolah di Bandung menurut Mereka adalah menyeleksi gurunya, baik secara kualifikasi akademik maupun non akademik, khususnya seleksi tersebut pada calon guru honor. Tujuannya agar guru tersebut menjadi kekuatan baru (tambahan) dalam memperbaiki sistem sekolah.
Perlakuan sekolahnya untuk siswa, melakukan seleksi lagi terhadap calon siswa baru, menganalisis apakah nilai-nilai UN sebanding dengan kemampuan siswa.

Komentar: KEJUJURAN sebenarnya masih menjadi HARAPAN dan CITA-CITA banyak orang. PEMBINAAN KEPRIBADIAN seluruh civitas sekolah. Dimulai dengan kesadaran sendiri dan berusaha bersana-sama menularkannya kepada yang lain. INDONESIA, HARAPAN ITU MASIH ADA.

Tidak ada komentar: