Allah Tujuan Hidup Qita

Allah Tujuan Hidup Qita
Belajar dan Tawakal

Sabtu, 26 Agustus 2023

CARA MENGIRIM TULISAN KE MAJALAH SUARA GURU

Resume ke-24 yang ditulis Suharyadi (Peserta KBMN 29)

Hari / Tanggal: Sabtu, 19 Agustus 2023

Moderator: Yandri Novita Sari, S.Pd

Narasumber: Catur Nurrochman Oktavian, M.Pd

Alhamdulillah,  puji dan syukur, kepada Allah Sang Maha Kuasa. Alhamdulillah pertemuan malam ini adalah pertemuan ke-24 Kelas Belajar Menulis Nusantara (KBMN). Pada kegiatan hari ini dimoderatori Ibu Yandri Novita Sari, S.Pd dan narasumber Bapak Catur Nurrochman Oktavian, M.Pd dengan tema yang sangat menarik untuk diikuti di KBMN angkatan ke 29 ini yaitu “Mengirim Tulisan Ke Majalah Suara Guru”. Narasumber malam ini, Pak Catur Nurrochman Oktavian, seorang Guru SMP Negeri 1 Kemang yang ternyata adalah Wakil Ketua Dewan Eksekutif APKS Pengurus Besar PGRI.

Pertemuan diawali dengan perkenalan tentang apa itu majalah guru? Selanjutnya panjang lebar diskusi dan materi yang disampaikan pak Catur sudahkan kita mengenal atau membaca majalah guru? Bagaimana cara guru ikut berpartisipasi dalam majalah guru? Bagaimana tahapan mengirimkan naskah ke redaksi? Berikut ini hasil yang dapat penulis resumekan dalam sebuah tulisan yang berjudul Cara Mengirim Tulisan ke Majalah Suara Guru.

Sejarah Majalah Suara Guru

Majalah Suara Guru mulai menerbitkan tulisan pertama kali sekitar tahun 1950- an.  Visi dan misi pada saat membangun majalah suara guru adalah sebagai media komunikasi dan perjuangan para guru Indonesia.  Majalah suara guru membahas segala keperluan dan info akurat untuk kemajuan guru dan dunia pendidikan. Seiring dengan perkembangan zaman redaksi menyesuaikan diri dengan kebutuhan para guru dengan menampilkan berbagai genre mulai dari informasi hadline utama, opini, pendidikan, organisasi, puisi, wisata, edutaiment, Oase, Bahasa, Destinasi, Percik, profil sekolah/madrasah, dll. Majalah guru terus aktif dalam kegiatan membangun literasi guru dengan menyelenggarakan kegiatan pelatihan perkembangan dan peningkatan kreativitas guru dalam meningkatkan kemahiran dalam menulis serta juga setiap tahunnya ada menyelenggarakn lomba menulis bagi guru.

Majalah suara guru saat ini berkantor di Jalan Tanah Abang III No 24 Jakarta Pusat. Dengan ISSN 0216 186x. Setiap  2 bulan sekali majalah suara guru menerbitkan naskahnya  dengan ketebalan 76 halaman dan harga yang sangat bersahabat yaitu Rp 25.000,00 per eksemplarnya. (harga yang sangat terjangkau) dengan memakai kertas glossy full color.

Dahulu Majalah guru sempat aktif dengan aplikasi web melalui suaraguruonline.com, namun  untuk saat ini telah vakum dari website online dan lebih fokus kepada naskah cetak yang diterbitkan.  Untuk naskah yang diterbitkan diperoleh dari para guru yang berasal dari seluruh Indonesia, dari semua jenjang TK hingga perguruan tinggi dan juga termaksud guru pesantren yang mau ikut berparstisipasi dalam kegiatan membangun literasi dunia pendidikan.

Manfaat Majalah Suara Guru

Majalah suara guru sangat bermanfaat bagi para guru seperti judul dari redaksi  adalah majalah yang dimanfaatkan untuk kepentingan guru. Berikut manfaat yang diperoleh dari  majalah ini :

1.  Meningkatkan keterampilan menulis bagi para guru.

2.  Tempat ekpresi dan penyaluran bakat dan minat bagi guru.

3.  Tempat menambah angka kredit pada guru PNS, satu opini yang dimuat di majalah guru berilai 2 karena berlisensi pusat atau nasional.

4.  Tempat meningkatkan prestasi guru dari berbagai perlombaan yang diadakan.

5.  Tempat saling berbagi informasi dan bertukar pikiran antar sesama guru.

6.  Tempat mengadu para guru yang akan disampaikan kepada pihak yang berkaitan seperti kisah para guru SM3T, guru honorer, Guru non Sertifikasi, dan hal-hal kejadian yang tak terduga dari pada guru.

 Naskah Dibaca oleh Kalangan Guru Se-Indonesia

Guru akan mendapatkan manfaat dari majalah suara guru dengan menulis dan membacanya. Tanpa menulis maka manfaat dari point di atas tidak akan diperoleh sepenuhnya. Oleh karena itu narasumber ketika jalannya kelas zoom menghimbau kepada seluruh guru agar dapat memanfaatkan profesinya dengan saling berbagi dan menyebarkan ilmu dengan menulis, baik itu opini, pantun, kisah, fiksi maupun nonfiksi dan tulisannya dapat dikirim ke majalah suara guru.

 Cara Guru Berpartisipasi dengan Majalah Suara Guru

Guru yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan naskahnya harus memerhatikan dan memenuhi syarat  yang diajukan oleh majalah. Berikut syarat menulis artikel pada majalah guru :

1.  Mengisi identitas lengkap disertai dengan foto.

2.  Mengirimkan tulisan sesuai dengan genre atau rubrik melalui email majalah.suaraguru@gmail.com dan diberitahukan kepada staf majalah suara guru melalui mbak Widya atau Tyas (nomor ada pada penulis).

3.  Naskah harus mengutamakan bidang pendidikan.

4.  Khusus rubrik opini dan perihal permasalahan aktual guru harus mengangkat isu terkini.

 Bentuk Naskah yang dimuat pada majalah suara guru 

1.  Naskah yang dikirim benar, merupakan karya asli dari penulis dan bukan plagiat.

2.  Tidak menyinggung sara, politik praktis, agama, suku , bertentangan dengan pancasila dan UUD 1945.

3.  Menggunakan bahasa yang populer dan mudah dibaca semua kalangan.

4.  Tulisan new roman 12 dengan spasi 1,5 dan max 800 kata untuk rubrik opini sedangkan bagi rubrik yang lain memuat 400-500 kata.

Pada sesi tanya jawab salah satu peserta KBMN mengajukan pertanyaan apakah untuk tulisan yang dimuat di majalah suara guru akan dikenai biaya tertentu? Pak Catur menjawab bahwa tidak ada biaya apapun atau gratis bahkan dahulu ketika majalah guru banyak mendapat profit tulisan akan mendapat sejumlah nominal kalau sekarang mendapat cindera mata seperti kaos saja.

Masya Allah, materi yang sangat luar biasa bermanfaat dan menginspirasi. Terimakasih Tim Solid Om Jay khususnya Narasumber Pak Catur Nurrochman Oktavian, M.Pd dan Ibu Yandri Novita Sari, S.Pd sebagai moderator. Jazakumullohu Ahsanal Jaza’. Alhamdulillah, Semoga tulisan ini juga bermanfaat bagi penulisnya dan pembaca tentunya.

Tidak ada komentar: