Allah Tujuan Hidup Qita

Allah Tujuan Hidup Qita
Belajar dan Tawakal

Jumat, 28 Juli 2023

LANGKAH MENYUSUN BUKU SECARA SISTEMATIS

 

Resume kelimabelas (15) yang ditulis Suharyadi (Peserta KBMN 29)

Moderator: Purbaniasita Kusumaning Sedyo, S.Pd.

Narasumber: Yulius Roma Patandean, S.Pd

Alhamdulillah,  segala puji dan syukur, kepada Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Malam ini, masya Allah KBMN 29 telah memasuki setengah perjalanan, tema materi ke-15. Moderator malam ini adalah Bu Sita dengan nama lengkapnya Purbaniasita Kusumaning Sedyo. Sedangkan Narasumber yang luar biasa, Pak Yulius Roma Patandean, S.Pd. Lahir di Salubarani, Gandangbatu Sillanan, Kabupaten Tana Toraja, Provinsi Sulawesi Selatan, 6 Juli 1984. Ternyata Pak Yulius juga alumni KBMN, yaitu angkatan 9. Beliau mempunyai banyak prestasi diantaranya adalah Pemenang ketiga lomba kreatifitas guru tingkat SMA  pada Porseni PGRI  Prov. Sulawesi Selatan tahun 2017, Guru berprestasi jenjang SMA Prov. Sulawesi Selatan tahun 2021, Peraih 2 medali emas dan 3 medali perunggu Gurulympic tahun 2020 dan masih banyak prestasi lain yang beliau dapatkan. Pak Yulius pada malam ini membawakan tema Langkah Menyusun Buku Secara Sistematis.

Pak Yulius merasa yakin dan percaya bahwa Saya dan teman-teman KBMN 29 telah memiliki naskah tulisan calon buku. Naskah-naskah tersebut berupa materi-materi selama mengikuti kegiatan ini atau naskah buku berupa cerpen, puisi, biografi, non fiksi, dll yang Kami rencanakan sebagai buku solo/ karya tunggal. Sebenarnya kalau Saya pribadi sih belum ada, tapi setidaknya punya banyangan.

Jika naskah telah siap, tentunya naskah tersebut telah sering dibaca ulang untuk menentukan urutan bab, sub bab, judul, dll. Namun, tidak menutup kemungkinan, teman-teman menghadapi tantangan berupa sistematika tulisannya.

Naskah buku yang telah tertata atau tersusun dengan baik memudahkan penulis untuk menambahkan, mengurangi, atau merombak naskah jika dianggap tidak sesuai dengan tema yang diangkat. Terdapat sejumlah aplikasi atau software yang bisa digunakan untuk membuat naskah buku tersusun secara sistematis. Di antaranya menggunakan Mandeley dan Zotero. Akan tetapi, pada kegiatan malam ini, Pak Yulius membagikan video sederhana cara menyusun naskah buku secara sistematis. Seperti yang terdapat pada https://youtu.be/eePQwyHAcjw, https://youtu.be/jXPr59aWJSc, dan https://youtu.be/mS8bfNZT-rA.

Pak Yulius menggunakan fitur-fitur Ms Word untuk menyusun naskah buku yang sistematis dan rapi. Kami bisa langsung mempraktekkannya. Fitur-fitur yang digunakan dalam ms word memiliki kelebihan karena tetap dapat digunakan tanpa jaringan internet atau offline. Pak Yulius pun yakin bahwa Kami telah memiliki cara tersendiri dalam menyusun naskah buku secara sistematis. Namun, tak ada salahnya mencoba membuat simulasi dan percobaan menggunakan fasilitas yang telah tersedia di PC, laptop atau notebook.

Sebagai penulis, kita harus sering menengok naskah yang telah dibuat, baca dan lakukan perubahan pada naskah jika dibutuhkan. Naskah buku  yang tersusun dengan baik tentunya memudahkan pula tim editor di percetakan untuk menerbitkan naskah buku kita, walaupun sudah ada tim editor, ada baiknya kita belajar pula menjadi editor naskah sendiri. Banyak hal yang bisa dipelajari.

Dari semua buku solo yang telah Pak Yulius terbitkan, semuanya disusun dan dilakukan pengeditan menggunakan tata cara pada link video tersebut di atas. Rasa percaya diri terhadap naskah juga akan lahir seiring dari seringnya kita membaca naskah buku ketika melakukan penyusunan secara sistematis.

Setiap permulaan penulisan buku pasti ada tantangan. Namun, tantangan itulah yang membuat usaha menerbitkan buku semakin menarik dan bermakna. Selamat mencoba dan selamat berproses dan menerbitkan bukunya.

Dinginnya malam tak sedingin es

Ingin terus bersama tapi tubuh lemes

Grup KBMN senantiasa merekah

Terus berkarya catatkan sejarah

Itulah kalimat puitis dari Pak Yulius untuk mengakhiri materi malam ini. Walau pun sedang dalam kondisi kurang fit, Beliau tetap berusaha memberikan yang terbaik untuk Kami semua, peserta KBMN 29. Semoga kembali fit dan insya Allah manfaat bagi kami semua ilmunya.

Alhamdulillah terima kasih Bu Sita dan Pak Yulius. Semoga tulisan ini juga bermanfaat bagi penulisnya dan pembaca tentunya.


1 komentar:

chikoyyoe mengatakan...

Keren resume nya