Allah Tujuan Hidup Qita

Allah Tujuan Hidup Qita
Belajar dan Tawakal

Kamis, 13 Juli 2023

KOMITMEN MENULIS DI BLOG

Resume kedelapan (8) yang ditulis Suharyadi (Peserta KBMN 29)

Moderator: Dail Ma'ruf, M.Pd..

Moderator: Drs. Dedi Dwitagama, M.Si.

 

Alhamdulillah,  kepada Allah puji dan syukur, Sang Maha Pencipta. Malam Kamis ini adalah malam yang ditunggu calon penulis masa depan, khususnya peserta KBMN 29. Betapa Tidak, karena tema malam ini adalah "Komitmen Menulis di Blog" yang merupakan lanjutan atau pendalaman dari tema pada pertemuan kelima "Blog sebagai Media Pembelajaran" di mana Pak Dail Ma'ruf sebagai narasumbernya, kali ini Beliau sebagai Moderator dari Pak Dedi Dwitagama yang bertindak sebagai Narasumbernya.

Malam ini cukup berbeda jika dibandingkan tujuh pertemuan sebelumnya, di mana grup WhatsApp belajar KBMN 29 dikunci saat pemaparan materi dan sesi tanya-jawab, tetapi malam ini justeru grup tetap terbuka dan pemaparan materi juga berjalan seiring dengan pertanyaan dari peserta yang bermunculan dan dijawab langsung oleh Pak Dedi Dwitagama baik serasa tulisan maupun pesan suara/ audio. Tidak terasa waktu selama dua jam terlewati dengan baik dan dipuaskan atas jawaban Pak Dedi kepada para peserta KBMN 29 yang bertanya.

Awal mula Pak Dedi menulis di blog pertama kali sekitar tahun 2005 karena mendapatkan informasi dari adik ya yang berkuliah di Jogjakarta mengenai sedang trennya menulis blog di Amerika. Akhirnya Pak dedi tertarik mencobanya. Alhamdulillah dari blog banyak keuntungan yang dapat diperoleh tidak terkecuali dalam hal materi (uang) baik secara langsung maupun secara tidak langsung ketika diundang sebagai narasumber dari tulisan-tulisan yang kita buat.

Menurut Pa Dedi, Blog itu sederhanya seperti kita memiliki rumah digital, dapat kita isi tulisan dengan apa pun dan orang lain dapat membaca dan berkomentar di dalamnya. Kita tulis saja tema apa pun yang menjadi kesukaan atau minat kita, pantau sekitar setahun tema mana yang paling banyak pembacanya, nah, baru kemudian kita evalusi mau dilanjutkan hanya sesuai minat kita saja atau mengikuti kesukaan pembaca kita. Intinya menjaga komitmen agar tetap mengisi blog kita dengan tulisan, mungkin di awal masih sepi pembacanya, tetapi yakinkan diri bahwa suatu saat pembaca membutuhkan tulisan kita.

Beberapa cara menambah jumlah pembaca pada blog kita adalah dengan menuliskan judul yang kata kuncinya sedang banyak dibacakan orang, menulis blog kita dengan hal-hal sedang dibutuhkan orang, bisa juga dengan meninggalkan di kolom komentar pada blog orang lain karena berpeluang untuk dikunjungi balik. Jika blog kita menyangkut media pembelajaran kita juga dapat menyertakan bahan ajar, soal latihan dan diskusi di blog kita dan mengundang murid-murid kita dengan link yang kita sebar di grup whatsapp kelas.

Dalam menjaga komitmen menulis di blog manfaatkan waktu yang ada, bagi penulis blog seperti menunggu istri/suami turun dari kereta, menunggu istri berbelanja, menunggu penerbangan, menunggu pembicara saat rapat atau seminar, bahkan mungkin saat BAB. Ketika mood menulis sedang baik, optimalkan dengan menulis sebanyak mungkin, tetapi ketika mood sedang turun, jangan dipaksakan karena hasilnya kurang baik, tetapi jika mood turunnya kelamaan, harus dipaksakan menulis atau disiasati dengan melakukan sesuatu yang membangkitkan mood.

Dalam menulis di blog, kita boleh mengkopi ide penulis lain dengan bahasa kita sendiri, dan itu diperbolehkan, dan itu bukan copas atau plagiarisme.

 

Alhamdulillah terima kasih Pak Dedi Dwitagama dan Pak Dail Ma’ruf. Semoga tulisan ini juga bermanfaat bagi penulisnya dan pembaca tentunya.


 

1 komentar:

Abiii mengatakan...

Mantap, lengkap sekali penjelasannya. semangat terus