Allah Tujuan Hidup Qita

Allah Tujuan Hidup Qita
Belajar dan Tawakal

Senin, 28 Agustus 2023

BLOG SEBAGAI MEDIA DOKUMENTASI REFLEKSI DIRI SISWA

Resume ke-28 yang ditulis Suharyadi (Peserta KBMN 29)

Moderator: Purbaniasita Kusumaning Sedyo, S.Pd

Narasumber: Bambang Purwanto, S.Kom., Gr.

Alhamdulillah,  puji dan syukur kepada Allah Sang Maha Kuasa yang telah mengizinkan Kami, peserta Kelas Belajar Menulis Nusantara (KBMN) 29 telah sampai pada pertemuan ke-28.  Masya Allah, tidak terasa mendekati akhir perjalanan diklat menulis ini. Pada kegiatan malam hari ini dibersamai oleh moderator yang bernama Ibu Purbaniasita Kusumaning Sedyo, S.Pd yang biasa dipanggil Mba Sita dan narasumber Bapak Bambang Purwanto, S.Kom., Gr., CPS yang biasa dipanggil Mr. Bams. Beliau lahir di Bandung, 6 April 1974 dan merupakan seorang guru TIK, pegiat literasi, pendongeng, blogger, MC dan aktivis masyarakat. Tema menarik yang Beliau sampaikan dan dapat diadopsi oleh seorang pendidik yaitu “Blog Sebagai Media Dokumentasi Refleksi Diri Siswa”.

Menurut Mr. Bams, materi malam ini sedikit berbeda dengan materi-materi sebelumnya. Hal yang manarik justru Kami yang berada di kelas ini tentunya dapat menjadikan blog sebagai media untuk mendokumentasikan tulisan atau perjalanan hidup kita sebagai seorang guru. Blog yang kita gunakan sesungguhnya dapat membantu dalam proses pembelajaran. Profesi guru yang kita emban ini adalah profesi utama yang sangat mulia. Blog bisa diisi dengan materi yang kita ajarkan kepada siswa kita di kelas.

Dalam kelas malam ini, Mr. Bams mencontohkan blog yang Beliau buat yaitu penamrbams.id. Beliau mengatakan, jika Kami membuka menggunakan laptop atau komputer maka tampilannya seperti gambar di bawah ini.

Beliau dengan rendah hati memohon maaf jika ada iklannya karena tak menyangka pada malam ini kalau iklannya tentang umroh. Beliau mendo’akan Kami “Semoga yang belum umroh bisa segera melaksanakan umroh”. Kami menjawab, aamiin. Menurut Mr. Bams, sebelum menjadi website seperti sekarang penamrbams.id merupakan blog yang bernama bepenamrbams.wordpress.com. Dalam suasana Covid-19, tanggal 27 April 2020 maka lahirlah www.penamrbams.id.

Mr. Bams merasa senang bisa melahirkan sebuah website, walau pun harus membayar sekitar 800ribu, kini sudah 1 juta per tahun biaya operasionalnya. Bagi kita yang memiliki hobi menulis memang sangat pas bila memiliki blog atau website. Kita sangatlah leluasa mau menyimpan tulisan apapun, karena blog atau website milik sendiri. Bahkan penamrbams.id pernah membantu pelaksanaan Kelas Menulis sehingga banyak dikunjungi.

Bila gambar yang pertama di atas digeser ke bawah maka tampilannya seperti gambar yang di bawah ini.


Bila Kami melihat sebelah kanan ada ikon Informatika SMP itulah etalase bagi siswa yang Mr. Bams ajar di kelas. Lihat gambar di bawah ini.

Gambar di atas tersebut menunjukkan bahwa itulah daftar kelas yang merupakan amanah Mr. Bams dalam mengajar di SMP Taruna Bakti. SMP Taruna Bakti Bandung merupakan sekolah swasta yang banyak diminati kalangan menengah ke atas.

Refleksi Diri Siswa dapat diterapkan saat akhir pembelajaran. Setiap siswa diminta untuk menuliskan refleksi diri dapat berupa perasaan siswa dan apa saja yang didapat saat pembelajaran. Selain itu siswa bisa memberikan masukan kepada gurunya (Mr. Bams) agar bisa tampil mengajar dan melayani siswa dengan baik.

 

Beberapa contoh Pertanyaan Refleksi Diri di antaranya:

1.  Tuliskan dalam bentuk paragrap. Apa yang dipelajari hari ini? Silahkan dijelaskan.

2.  Materi apa yang masih menjadi kesulitan bagi kalian (apakah harus dijelaskan kembali)?

3.  Bagaimana perasaan kamu saat belajar bersama Mr. Bams?

4.  Adakah masukan untuk  Mr. saat pembelajaran hari ini? Kalau ada jelaskan. Mohon jelaskan dengan kalimat lengkap tidak dalam bentuk jawaban sebuah pertanyaan. Contoh : Hari ini saya ulangan bab 1. Sebelum ulangan Mr. Bams menjelaskan tujuan ulangan tidak hanya mendapatkan nilai, akan tetapi melatih kejujuran dan kepercayaan diri. Hari ini perasaan saya sangat senang belajar Mr. Bams karena sebelum dan selama ulangan berjalan dengan lancar. Masukannya kalau bisa ulangannya tidak esai semua.

Isian refleksi diri tersebut dapat diolah menggunakan excel. Setiap siswa yang mengisi akan misalnya akan mendapatkan poin 10. Poin dapat dikonversi ke Nilai. Nilai Refleksi diri saya buat kesepatan dengan anak-anak bisa menjadi Nilai Ulangan atau Nilai Tugas.

Keuntungan melaksanakan rfefleksi yaitu:

A.  Bagi Siswa yaitu:

1.  Disiplin melakukan pengisian secara rutin diakhir pembelajaran.

2.  Melatih praktik kemampuan menulis.

3.  Hasil tulisan bisa dibaca ulang.

4.  Bagi yang tidak hadir bisa mendapat gambaran proses kegiatan pembelajaran

B.  Bagi Guru yaitu:

1.  Seberapa taat siswa menulis refleksi diri, sehingga siswa disiplin untuk menulis setiap minggunya.

2.  Mendapatkan masukan dari siswa tentang pembelajaran.

3.  Memberikan kesempatan siswa untuk berpendapat atau menyampakan perasaannya.

4.  Alat ukur kedisiplinan.

Contoh : Refleksi diri kelas 7A pada tanggal 21 Agustus 2023 (salah satu siswa yang Mr. Bams ajar)

Hari ini saya belajar cara membuat folder/file. hari ini sangat seru karena saya mempelajari hal baru yang belum saya lakukan sebelumnya. saya senang bisa mempelajari hal baru ini. dan kita juga ada tugas tapi saya tidak mengerti mr bams ngomong apa karena tidak kedengeran.

Pada sesi penutup Mr. Bams megatakan, apa yang kembali kepada kita adalah sebuah amanah untuk dijalankan semakin baik. Terus belajar menjadi kunci untuk menjalani hidup ini. Lakukan semuanya dengan penuh kasih sayang. Seperti kasih sayang dari Sang Kuasa yang tak pernah berhenti. Menjaga perasaan biasa saja adalah sikap yang baik, karena segala puji hanya milik Allah.

Mari Belajar Tiada Henti Berbahagialah dan beruntunglah bagi kita semua yang memiliki profesi guru. Profesi yang sangat mulia untuk dijalankan di mana saja. Guru yang membuat anak-anak bisa belajar dari tidak bisa menjadi bisa. Dari kurang menjadi cukup. Yakinkanlah bahwa kita mengajarkan mahluk hidup yang mulia, seorang manusia bukan sebuah robot yang bisa kita perintahkan ini dan itu. Maka selayaknya kita selalu berkomunikasi kepada Sang Pengerak dari mahluk tersebut. Mengisi bathin dengan spiritualitas tinggi tak tergantikan dengan teknologi secanggih apapun. Jadilah pemilik panggung di kelas bersama anak-anak yang hebat. Anak-anak yang kelak akan memimpin negeri ini. Terbarkan kasih sayang di setiap detiknya, karena kasih sayang kita tak pernah marah dan mengeluh dengan keadaan. Kekuatan Ilahi akan menemani kita guru-guru yang mau berpikir, belajar dan mempraktikan hal-hal yang baru untuk kemajuan pendidikan di Indonesia. Refleksi Diri tak akan berguna bila tidak ditindaklanjuti. Semoga materi ini bisa bermafaat untuk kita semua. Hari kamis bawa palu, I miss you.

Masya Allah, materi yang sangat bermanfaat dan menginspirari pada malam ini. Terima kasih Tim Solid Om Jay khususnya Narasumber Bapak Bambang Purwanto, S.Kom., Gr. atas materi dan motivasinya dan moderator Ibu Purbaniasita Kusumaning Sedyo, S.Pd. Jazakumullohu Khoir. Semoga tulisan ini juga bermanfaat bagi Saya sebagai penulisnya dan pembaca tentunya.

2 komentar:

Aripa Arahman mengatakan...

Bagus,. Tetap semangat dan Istiqomah menulis setiap hari seperti pesan guru kita OmJay

Tresna Blog mengatakan...

Terima Kasih