Allah Tujuan Hidup Qita

Allah Tujuan Hidup Qita
Belajar dan Tawakal

Jumat, 01 September 2023

MENULIS BUKU MAYOR DALAM DUA MINGGU

Resume ke-30 yang ditulis Suharyadi (Peserta KBMN 29)

Moderator: Aam Nurhasanah, S.Pd

Narasumber: Prof. Richardus Eko Indrajit

Alhamdulillah,  bersyukur kepada Allah Sang Penyayang dan Maha Kuasa. Hari ini merupakan pertemuan yang terakhir yaitu ke-30 dari Kelas Belajar Menulis Nusantara (KBMN). Pada malam hari ini dibersamai kelas dimoderatori oleh Ibu Aam Nurhasanah, S.Pd dan narasumber Bapak Prof. Richardus Eko Indrajit. Tema menarik malam ini yaitu Sukses Menulis Buku Mayor Dalam Dua Minggu.

Bapak Prof. Richardus Eko Indrajit adalah seorang profesional di bidang teknologi informasi dan pendidikan yang telah aktif berkarya serta membantu berbagai organisasi, institusi dan perusahaan di Indonesia maupun luar negeri. Saat ini menjabat sebagai rektor universitas prodita dan ketua pengurus besar Persatuan Guru Republik Indonesia. Guru besar komputer diperolehnya dari Institut perbanas Institute.

Menurut Prof. Richardus Eko Indrajit, Beliau yakin bahwa peserta KBMN ke-29 mampu menulis buku mayor dalam 2 minggu karena:

A.  Dalam pertemuan-pertemuan sebelumnya Kami sudah banyak mendapatkan bekal yang diperlukan dalam menulis.

 

B.  Beliau menuturkan bahwa, sebelum Ia memberikan "tantangan" dan "kesempatan" bagi Kami untuk menjadi penulis buku mayor bersamanya, maka Beliau akan memberikan sejumlah prinsip penting dalam membuat buku.

C. Ada 4 tahapan besar dalam menulis, yaitu: Langkah Persiapan, Langkah Menulis, Langkah Revisi, Dan Langkah Publikasi.

D. Pada Langkah Persiapan, ada empat aktivitas yaitu:

1.  Menentukan Tujuan | Tentukan tujuan dalam menulis. Apakah kita ingin menjadi penulis fiksi, non-fiksi, jurnalis, blogger, atau hanya sekadar menulis untuk diri sendiri? Tujuan ini akan membantu kita memfokuskan upaya.

2.  Pilih Genre atau Topik | Pilihlah jenis tulisan atau topik yang paling kita minati. Ini akan membuat proses menulis menjadi lebih menyenangkan dan berarti.

3.  Penelitian Awal | Lakukan penelitian tentang topik atau genre yang kita pilih. Ini termasuk membaca buku, artikel, atau tulisan lain yang serupa dengan apa yang ingin kita tulis.

4.  Siapkan Alat | Persiapkan alat yang kita butuhkan, bisa berupa komputer, aplikasi menulis, buku catatan, atau pena.

E.  Pada Langkah Menulis aktivitasnya adalah

1.  Brainstorming; Lakukan brainstorming untuk mengumpulkan ide. Kita bisa menggunakan metode mind mapping, daftar, atau free writing.

2.  Kerangka Tulisan | Buatlah kerangka atau outline untuk membantu menyusun tulisan. Ini berfungsi sebagai panduan agar tulisan kita tetap terfokus.

3.  Menulis Draft Awal; Mulailah menulis berdasarkan kerangka yang telah kita buat. Jangan terlalu fokus pada kesalahan gramatikal atau struktur pada tahap ini.

4.  Rutinitas Menulis; Cobalah untuk menulis secara rutin. Bisa setiap hari, beberapa kali seminggu, atau sesuai dengan jadwal yang bisa kita penuhi.

F.  Pada Langkah Revisi terdapat aktivitas yaitu:

1.  Baca Ulang; Setelah draft awal selesai, baca ulang tulisan kita. Perhatikan alur, kohesi, dan kerapatan informasi.

2.  Mengedit; Mulailah proses editing untuk memperbaiki kesalahan gramatikal, kalimat yang tidak efektif, atau informasi yang tidak tepat.

3.  Dapatkan Masukan; Tunjukkan tulisan kita pada orang lain untuk mendapatkan feedback. Ini bisa berupa teman, keluarga, atau mentor menulis.

4.  Revisi; Lakukan revisi berdasarkan masukan yang kita terima. Mungkin kita perlu melakukan beberapa putaran revisi untuk memperbaiki tulisan Anda.

G. Pada Langkah Publikasi yang menjadi tujuan utama kita ada sejumlah aktivitas yaitu:

1.  Mengirimkan ke penerbit

2.  Dianalisis oleh penerbit

3.  Mendapat umpan balik dari penerbit

4.  Melakukan revisi

5.  Diterbitkan dalam bentuk fisik maupun elektronik

H. Mana mungkin bisa 2 minggu? Mungkin sekali, jika ada strategi dan komitmen yang jelas. Sudah terbukti telah Beliau lakukan bersama di masa sebelumnya.

I.    Sebelum Beliau jelaskan strateginya, Beliau membuka kesampatan kami yang tertarik menerima tantangan ini. Bapak Prof. Richardus Eko Indrajit menyatakan yang ikut tantangan segera daftarkan diri sekarang juga ke bu Aam. Yaitu:

1.  https://www.youtube.com/@profekojichannel4832/playlists adalah link strategi ikuti tantangan bersama Prof. Ekoji.

2.  Carilah satu topik yang dalam repositori video dimulai dengan kata Ekodemy atau Microji.

3.  Buatlah Daftar Isi buku dengan jumlah bab Mengikuti topik yang anda pilih (jika ada 5 video, maka akan menjadi 5 bab; jika 7 video menjadi 7 bab; dan seterusnya)

4.  Dengarkanlah setiap video dengan seksama. Apapun yang Beliau sampaikan di video tersebut, tulislah dengan menggunakan bahasa kita sendiri atau secara verbatim (sesuai dengan kata-kata yang didengar).

5.  Beliau memberikan waktu seminggu untuk melaksanakannya. Dan tepat minggu depan, Bu Aam akan membuat link Zoom di mana masing-masing kita akan mempresentasikan hasilnya ke Beliau.

6.  Setelah semua presentasi, Beliau akan perlihatkan sejumlah kejutan yang belum pernah kita bayangkan sebelumnya - termasuk sejumlah kiat yang belum pernah Beliau sampaikan pada batch sebelumnya (Bu Aam juga belum tahu teknik baru ini).

7.  Maka pada minggu kedua, kita akan menjalankan "strategi kejutan" tersebut, dan dalam dua minggu, buku mayor kita siap dikirimkan ke publisher.

 Pada sesi tanya jawab ada beberapa pertanyaan di antaranya:

1.  Izin bertanya Prof, misalkan kita memilih topik teknik berbicara, di topik tersebut ada tujuh video, jadi dari topik teknik berbicara kita buat 7 bab berdasarkan video tersebut.  Apakah seperti itu Prof? Jawab: Betul Sekali!

2.  Izin bertanya Prof, jika dalam belajar memahami isi video itu sangat sulit,  apa yang perlu kita lakukan ya Prof? Jawab: dengar dulu, baru kalau benar-benar sulit baru kasih tahu Beliau karena ekoji academy dikenal dengan bahasa yang mudah dimengerti.

3.  Izin Prof, setelah Bu Sri dan Dr. Iim. Ada lebih yg daftar, apa diterima prof. Apa hanya 20 saja? Jawab: boleh asal serius.

4.  Kita masih menonton video berjudul RPA, tulisannya boleh ditambah dengan pengetahuan dan pengalaman pribadi atau harus berdasarkan video saja Prof? Jawab: sangat boleh sekali, bahkan disarankan.

 Pada sesi penutupan ada satu pesan penting dari Prof. Richardus Eko Indrajit agar kita tetap semangat memenuhi tantangan Beliau. “Dengar dulu, baru kalau benar-benar sulit baru kasih tahu Beliau. Karena ekoji academy dikenal dengan bahasa yang mudah dimengerti”.

Masya Allah, materi malam ini sangat bermanfaat dan menginspirari. Terima kasih Tim Solid Om Jay khususnya narasumber Bapak Prof. Richardus Eko Indrajit dan Ibu Aam Nurhasanah, S.Pd. Jazakumullohu khoir. Semoga tulisan ini juga bermanfaat bagi penulisnya dan pembaca tentunya.

1 komentar:

AAM NURHASANAH, S.Pd. mengatakan...

Mantap resumenya. Dikemas dengan sepenuh hati dengan versi sendiri