Allah Tujuan Hidup Qita

Allah Tujuan Hidup Qita
Belajar dan Tawakal

Jumat, 01 September 2023

MENULIS BUKU CERITA DIGITAL

Resume keenambelas (16) yang ditulis Suharyadi (Peserta KBMN 29)

Moderator: Raliyanti

Narasumber: Nur Dwi Yanti, M.Pd

Alhamdulillah, puji dan syukur kepada Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Malam ini merupakan pertemuan ke-16 Kelas Belajar Menulis Nusantara (KBMN) angkatan 29.  Pada kegiatan malam hari ini dibersamai oleh Ibu Raliyanti, S.Pd sebagai moderator dan dengan narasumber Ibu Nur Dwi Yanti, M.Pd. Tema menarik pada pertemuan malam ini adalah “Menulis Buku Cerita  digital”.

Ibu Nur Dwi Yanti, M.Pd. lahir di Tangerang biasa dipanggil NDY juga merupakan Guru penggerak Angkatan 6 Tangerang Selatan Banten tahun 2022. Prestasi Beliau dalam bidang kepenulisan dan pendidikan adalah  Juara 1 Karya Tulis Ilmiah Guru SD Tingkat Kota Tangerang Selatan Tahun 2016, Juara 1 Karya Tulis Ilmiah Guru SD Tingkat Kota Tangerang Selatan Tahun 2017, Juara 2 Guru Berprestasi Tingkat Kota Tangerang Selatan 2019.

Pengertian E Book adalah bentuk digital dari buku cetak terdiri dari berbagai macam informasi digital “bisa text, gambar, audio, video” yang dapat dibuka melalui komputer, tablet, smartphone atau perangkat elektronik lainnya. Pengertian lainnya mendeskripsikan E-book merupakan singkatan dari elektronik book, atau biasa dikenal dengan buku elektronik. E-book (singkatan dari electronic book, atau EBook) dikenal sebagai buku digital, merupakan e-teks  yang berbentuk media  digital  dan kadang-kadang dilindungi dengan hak cipta digital. E-book ini berupa file dengan berbagai macam format.

Fungsi E-Book secara umum adalah sebagai alat pembacaan informasi secara digital melalui perangkat khusus. Umumnya pengguna buku digital adalah mereka yang memiliki literasi teknologi dan cenderung membeli e-book sebagai sarana pembelajaran. Beberapa fungsi E-Book yaitu:

1.  Sebagai sarana pembelajaran

2.  Untuk media pembelajaran.

3.  Untuk media bisnis.

Kelebihan E-Book Terdiri atas:

1.  Mudah untuk mendapatkannya. Ukuran fisiknya yang kecil dengan format digital, dia dapat disimpan dalam penyimpan data (harddisk, CD-ROM, DVD, flashdisk). Jika dibandingkan dengan buku format cetak, buku dengan format elektronik ini memang lebih efisien jika dibawa. Cukup membawa satu media penyimpanan (laptop, flashdisk dll) yang di didalamnya dapat berisi ratusan bahkan ribuan buku. E-book dan E-journal tidak menjadi lapuk layaknya buku biasa. Format digital dari e-Book dan e-journal dapat bertahan dengan kualitas yang tidak berubah.

2.  Mudah dibuat dan tidak perlu banyak biaya. Mudah diproses. Isi dari eBook dan E journal dapat dilacak, di-search dengan mudah dan cepat. Ukuran Font yang dapat di ubah-ubah, dapat menyesuaikan dengan kemampuan pembaca dalam melihat tulisan E-book. Penggandaan (duplikasi, copying) e-Book dan e-jounal yang efektif dan ekonomis jika dibandingkan dengan menggandakan buku yang membutuhkan waktu dan biaya yang cukup banyak.

3.  Mudah disimpan, dibawa atau pun didistribusikan. Pendistribusian dapat menggunakan media elektronik seperti Internet. E-Book memudahkan menyampaikan informasi yang interaktif. Dalam eBook dapat ditampilkan ilustrasi multimedia, misalnya dengan animasi untuk menunjukkan poin yang ingin dibicarakan.

4.  Tidak perlu perawatan sehingga akan mengurangi biaya dan sumber daya yang dibutuhkan untuk membuat buku tradisional, seperti kertas dan tinta.

Aplikasi untuk  Membuat Ebook yaitu:

1.  PDF Sumber: tangkapan layar pada adobe PDF menjadi format ebook yang paling umum digunakan. Apalagi jika Anda membuka situs web apapun yang menawarkan ebook gratis. Umumnya Anda akan mendapatkannya dalam bentuk PDF. Hal ini karena sebagian besar komputer dan smartphone bisa membuka file PDF dengan pembaca PDF yang sebelumnya sudah terpasang pada masing-masing perangkat. Maka itulah sebabnya PDF ini menjadi aplikasi membuat ebook dan tentunya aplikasi ini juga gratis.

2.  Google Docs Sumber: tangkapan layar docs.google.com Google memang selalu berinovasi menghadirkan sebuah kebaruan yang bisa membantu Anda menyelesaikan setiap kebutuhan pekerjaan Anda dengan mudah. Dengan Google Docs, Anda bisa membuat ebook secara gratis dan menyimpan file dalam bentuk ePUB. Namun, Anda harus online untuk menyimpan atau mendownload tulisan tersebut, baik file pdf, epub, atau word. Bahkan Anda bisa menambahkan editor dan melacak pengeditan serta komentar secara real time.

3.  Mobipocket Sumber: tangkapan layar softonic Mobipocket pada awalnya hanya digunakan untuk e-reader. Namun seiring berjalannya waktu, kini format .mobi bisa digunakan oleh pembaca ebook yang lebih populer. Bahkan termasuk Amazon Kindle dan aplikasi Kindle untuk iOS dan Android. Secara visual format ini sangat menarik karena untuk mengubah halaman dan mengalokasikan halaman.

4.  iBook Sumber: tangkapan layar ibook.com iBook adalah format eksklusif untuk semua ebook yang dijual di toko Apple iBooks yang dibangun dengan standar EPUB. Namun untuk menambah pembatasan sehingga hanya bisa dijual dan dibeli dalam dunia Apple iBooks, maka format iBook tidak kompatibel dengan pembaca yang bisa membaca format .ubub standar. Setelah Anda mengerti dan terbiasa dengan format ini, Anda bisa memilih mana yang cocok untuk e-book Anda. Baca juga: 7 Situs Ebook Gratis Indonesia, Legal dan Nambah Ilmu

5.  ePUBee Sumber: tangkapan layar softonic ePUBee merupakan aplikasi membuat ebook gratis yang telah langsung terhubung dengan Microsoft Award. Dengan tampilan yang sederhana dan efektif, aplikasi ePUBee bisa menjadi solusi Anda membuat ebook yang mudah. Apabila telah selesai menulis ebook di MS Word, Anda bisa mengkonversi dokumen tersebut menjadi ekstensi PDF dan ePUBee dengan klik opsi pada bilah alat ePUBee Maker setelah menyelesaikan file teks dan ebook  Anda siap untuk dicetak.

Contoh buku digital/ebook di tautan https://s.id/Buku_Digi

Alhamdulillah, Masya Allah materi malam ini sangat bermanfaat dan menginspirasi. Terima kasih Tim Solid Om Jay khususnya Ibu Raliyanti, S.Pd sebagai moderator dan narasumber Ibu Nur Dwi Yanti, M.Pd. Jazakumullohu Khoir. Semoga tulisan ini juga bermanfaat bagi penulisnya dan pembaca tentunya.


Tidak ada komentar: